Langsung ke konten utama

CONTOH KARIA ILMIAH DALAM BIDANG MOTORIK

LAPORAN
PEMANTAPAN KEMAMPUAN PROFESIONAL

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN
MENGGAMBAR DAN MEWARNAI SISWA KELAS A
PADA PAUD TUNAS KESUMA KECAMATAN MUARA SUGIHAN MELALUI METODE PEMBINAAN EKSPLORASI
Description: C:\Users\Arifin\Desktop\Universitas-terbuka-logo.jpg
 













DISUSUN OLEH:
ROBANIAH
NIM : 821878212
PROGRAM STUDI S1 PGPAUD
EMAIL : robaniahmirza@gmail.com

KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS TERBUKA
UNIT PROGRAM BELAJAR JARAK JAUH
PALEMBANG
KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT. yang telah memberikan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan PKP dengan judul “Upaya Meningkatkan Kemampuan Menggambar dan Mewarnai Siswa Kelas A Pada PAUD Tunas Kesuma Kecamatan Muara Sugihan Melalui Metode Pembinaan Eksplorasi”.
Laporan ini disusun untuk memenuhi persyaratan dalam menyelesaikan studi S1 PGPAUD Fakultas Kegururan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka.
Pada kesempatan ini penulis ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :
  1. Ibu Santi Vera Mulyani, S.Pd, selaku dosen pembimbing dan supervisor 1
  2. Ibu Sri Purwati, S.Pd.SD, selaku supervisor 2
  3. Bapak Mohamad Suroji, S.Pd.I, selaku Kepala Sekolah PAUD Tunas Kesuma
  4. Bapak Baderi, S.Pd, selaku penilai
  5. Semua siswa kelas A PAUD Tunas Kesuma, selaku objek penelitian
  6. Orang tua, suami, dan anak tercinta serta seluruh keluarga atas doa dan dukungannya baik moril maupun materil
  7. Rekan-rekan mahasiswa dan semua pihak yang telah membantu dalam penulisan laporan ini

Penulis menyadari bahwa laporan ini masih banyak kekurangan dan kelemahannya, oleh karena itu segala kritik dan saran dari pembaca sangat penulis harapkan.
Semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan bagi pembaca pada umumnya.
Muara Sugihan, 11 Oktober 2016

Penulis




ABSTRAK

Berdasarkan pengalaman kami, pembelajaran menggambar dan mewarnai kurang digemari anak dibandingkan dengan pembelajaran yang lainnya. Pada saat menggambar dan mewarnai banyak anak yang kurang rapi dalam mewarnai gambar, sehingga hasilnya pun kurang maksimal. Karena itu penulis berinisiatif melakukan perbaikan pembelajaran. Disamping memperbaiki kemampuan anak, penelitian ini bertujuan mendiskripsikan suatu Upaya Meningkatkan Kemampuan Menggambar dan Mewarnai Siswa Kelas A Pada PAUD Tunas Kesuma Kecamatan Muara Sugihan Melalui Metode Pembinaan Eksplorasi. Metode pembinaan eksplorasi dipilih sebagai sarana memperbaiki pembelajaran karena terbukti mampu membangkitkan minat anak dalam proses belajar mengajar. Perencanaan pembelajaran dilakukan dengan cara memilih indikator untuk melkasanakan pembelajaran dan memilih media yang sesuai. Dengan demikian berdampak pada peningkatan pemahaman materi dan peningkatan prestasi belajar siswa. Terbukti sebelum menggunakan metode pembinaan eksplorasi dimana dari 20 anak hanya 10 anak (50%) yang dapat mencapai indikator pembelajaran. Setelah menggunakan metode pembinaan eksplorasi mencapai indikator pembelajaran dengan persentase (90%). Metode pembinaan eksplorasi ini dapat dijadikan pedoman untuk melakukan kegiatan pembelajaran. Dengan demikian apa yang penulis harapkan telah tercapai dengan melakukan perbaikan pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas ini yaitu suatu peningkatan prestasi belajar.

Kata kunci : menggambar, mewarnai, pembinaan eksplorasi

















BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Siswa (anak) yang berada diusia 0-6 tahun adalah aak usia dini. Anak yang berada pada usia 3-4 tahun juga sering disebut sebagai usia masa keemasan dimana masa usia ini sangatlah mudah untuk menstimulasi tumbuh kembang anak. Keluarga, lingkungan, sekolah, masyarakat juga sangat mendukung masa pertumbuhan anak usia dini dalam berbagai aspek perkembangan.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional  pada Pasal 1 ayat (14) menyatakan bahwa pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditunjukkan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.
Dalam pembangunan nasional, pendidikan diartikan sebagai upaya meningkatkan harkat dan martabat manusia serta dituntut untuk menghasilkan kualitas manusia yang lebih tinggi guna menjamin pelaksanaan dan kelangsungan pembangunan. Pembaharuan kurikulum yang sesuai dengan ilmu pengetahuan dan teknologi tanpa mengesampingkan nilai-nilai luhur sopan santun, etika serta didukung penyediaan sarana dan prasarana yang memadai, karena pendidikan yang dilaksanakan sedini mungkin dan berlangsung seumur hidup menjadi tanggung jawab warga, sekolah, masyarakat dan pemerintahan.
Berdasarkan pengamatan terhadap kegiatan pengembangan prasiklus (Selasa 04 Oktober 2016) di kelas ditemukan adanya masalah rendahnya kemampuan menggambar dan mewarnai yang di tandai dengan beberapa kondisi berikut. Pertama, setiap anak diberikan kesempatan untuk menggambar dan mewarnai bunga melati, jumlah anak yang mau menggambar bunga melati sebanyak 10 anak atau hanya 50 % dari 20 anak. Kedua, ketika kegiatan menggambar bunga matahari, ada 50 % anak yang menggambar bebas sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Ketiga, pada saat kegiatan mewarnai, hanya beberapa anak yang dapat mewarnai gambar dengan rapi. Keempat, dalam kegiatam pembelajaran media yang digunakan kurang mendukung dan metode belajarnya kurang bervariasi.
Langkah yang tepat untuk mengatasi masalah kurang minatnya anak untuk menggambar dan mewarnai, guru perlu : membuat Rancangan Kegiatan Harian (perbaikan), meningkatkan kinerja, menciptakan situasi yang kodusif, memfasilitasi kegiatan belajar mengajar, memberikan motivasi dan menjadi seorang guru yang kreatif.

B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, penulis merumuskan masalah pada kegiatam menggambar dan mewarnai adalah :  bagaimana meningkatkan kemampuan menggambar dan mewarnai siswa kelas A pada PAUD Tunas Kesuma kecamatan Muara Sugihan melalui metode pembinaan eksplorasi ?
Pemecahan masalah untuk meningkatakan pengembangan menggambar dan mewarnai  pada PAUD Tunas Kesuma kelas A yaitu dengan menggunakan metode pembinaan ekslorasi (dengan cara mencoba langsung), anak menggambar dan mewarnai gambar bunga matahari seperti yang dicontohkan oleh guru. Guru memotivasi anak pada kegiatan menggambar dan mewarnai, memfasilitasi kegiatan menggambar dan mewarnai, dan menjadi model bagi mereka.

C.    Tujuan Perbaikan         
Mengacu pada rumusan masalah di atas, penulis membuat tujuan perbaikan guna untuk meningkatkan kemampuan menggambar dan mewarnai siswa kelas A pada PAUD Tunas Kesuma kecamatan Muara Sugihan melalui metode pembinaan eksplorasi.

D.    Manfaat Perbaikan
Setelah mengetahui latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan perbaikannya, maka manfaat perbaikan pembelajaran bagi guru, siswa (anak), orang tua, sekolah, mahasiswa adalah sebagai berikut :
1.      Manfaat PKP bagi Guru
a.       Memberi kesempatan bagi guru untuk meningkatkan keahliannya.
b.      Untuk menambah wawasan tentang stimulasi yang tepat dalam merangsang dan meningkatkan kemampuan anak dalam kemampuan menggambar dan mewarnai mendorongnya agar lebih kreatif dalam menciptakan kegiatan yang bervariasi.
c.       Guru sebagai fasilitator pembelajaran diharapkan mampu memfasilitasi kebutuhan pembelajaran secara efektif dan efisien.

2.      Manfaat PKP bagi siswa
a.       Agar anak termotivasi untuk belajar mengembangkan daya fikir anak agar lebih kreatif dalam kemampuan menggambar dan mewarnai.
b.      Anak dapat menghargai berbagai kegiatan yang menyenangkan namun tetap bermakna dalam rangka mengembangkan kemampuan menggambar dan mewarnai.

3.      Manfaat PKP bagi orang tua
a.       Menambah wawasan bagi orang tua bahwa menggambar dan mewarnai akan bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari.
b.      Membantu orang tua untuk menumbuhkan rasa kemauan anak terhadap perkembangan sehari-hari.

4.      Manfaat PKP bagi Sekolah
a.       Dapat meningkatkan mutu pendidikan.
b.      Menghasilkan anak yang berkompeten.
c.       Dapat membentuk kepribadian anak untuk berinteraksi sosial dengan teman-teman dan lingkungan sekolah.

5.      Manfaat PKP bagi Mahasiswa
a.       Mahasiswa dapat menggunakan laporan PKP sebagai karya ilmiah.
b.       Mahasiswa akan lebih mantap dan percaya diri di dalam pengelola kegiatan pengembangan melalui latihan terbimbing yang dilakukan berulang kali.
c.       Mahasiswa juga akan memperoleh dampak pengiring melalui proses refleksi.
d.      Mahasiswa akan menemukan hal-hal baru, dan dapat termotivasi.


BAB II
KAJIAN PUSTAKA

A.    Pengertian Upaya Meningkatkan Kemampuan
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, upaya : usaha (syarat) untuk menyampaikan sesuatu maksud; akal; ikhtiar; tiadapadanya, tak ada akal (usaha, ikhtiar) padanya;      daya upaya. (Poerwadarminta, 2011:1345)
Meningkatkan : 1 menaikan (derajat, taraf dsb), mempertinggi; memperhebat (produksi dsb); 2 (~ diri), mengangkat diri; memegahkan diri. (Poerwadarminta, 2011:1280)
Kemampuan : 1 kesanggupan; kecakapan; kekuatan; 2 kekayaan. (Poerwadarminta, 2011:742)
Upaya meningkatkan kemampuan dapat diartikan sebagai suatu usaha untuk mencapai tujuan atau hasil dengan kekuatan yang dimiliki seseorang.

B.     Pengertian Menggambar
Menggambar (painting) dapat diartikan mencoret-coret pada kertas kosong. Setiap anak menggambar dengan caranya sendiri. Ada anak yang suka menggunakan pelumas cat, anak yang lain suka menggunakan macam-macam warna dan coretan yang tegas, ada anak yang mengulang-ngulang pola dengan caranya sendiri. Semua ini penting bagi anak sehingga pendidik membolehkannya bekerja dengan cara dan langkahnya sendiri. (Aisyah, 2014:7.11)
Berikut beberapa tujuan menggambar menurut tema/topik : mengembangkan ekspresi melalui media gambar; mengembangkan fantasi, imajinasi dan kreasi; melatih otot-otot tangan/jari, koordinasi otot dan mata; memupuk perasaan estetika; melatih pengamatan; memupuk potensi menggambar. (Montolalu, 2014:3.15)

C.    Pengertian Mewarnai
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, mewaranai, menawarkan : memberi berwarna; mencat dan sebagainya. (Poerwadarminta, 2011:1285)
Mewarna adalah memberi efek pada suatu gambar yang dibuat agar tampak indah dan menarik, berbagai macam alat untuk memberi warna pada gambar seperti : krayon, pensil warna, cat pewarna, dan lain sebagainya.
D.    Pengertian Siswa TK/Anak Usia Dini
Ada beragam pendapat tentang hal ini. Batasan tentang anak usia dini antara lain disampaikan oleh NAEYC (National Association for The Education of Young Children), yang mengatakan bahwa anak usia dini adalah anak yang berada pada rentang usia 0-8 tahun, yang tercakup dalam program pendidikan di taman penitipan anak, penitipan anak pada keluarga (family child care home), pendidikan prasekolah baik swasta maupun negeri, TK dan SD (NAEYC, 1992). Sedangkan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentsng Sistem Pendidikan Nasional pada Pasal 1 ayat 14 menyatakan bahwa pendiidkan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui permberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan  jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut (Depdiknas, 2003). (dalam Aisyah, 2014:1.3)
Anak yang berada diusia 0-6 tahun adalah aak usia dini. Anak yang berada pada usia 3-4 tahun juga sering disebut sebagai usia masa keemasan (golden age) dimana masa usia ini sangatlah mudah untuk menstimulasi tumbuh kembang anak. Pada rentang usia ini anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat pada berbagai aspek perkembangannya. (Gunarti, 2015:1.27)

E.     Pengertian Metode
Metode adalah cara menyampaikan ilmu yang sesuai dengan anak usia TK dan lainnya sehingga dapat dimengerti dan menghasilkan pemahaman yang maksimal bagi anak didik. Metode merupakan bagian dari strategi untuk mencapai tujuan. Setiap guru akan menggunakan metode yang sesuai dengan tujuan dan gaya untuk melaksanakan kegiatan.
Metode (cara) bertujuan mengembangkan berbagai aspek pekembangan anak seperti perkembangan kognitif, fisik, sosial emosional, moral dan nilai-nilai agama dan seni. (Sujiono, 2011:7.3)

F.     Pengertian Pembinaan Eksplorasi
Pembinaan adalah suatu usaha untuk pembinaan kepribadian yang mandiri dan sempurna serta dapat bertanggung jawab, atau suatu usaha, pengaruh, perlindungan dalam bantuan yang diberikan kepada anak yang tertuju kepada kedewasaan anak itu.
Kegiatan menjelajah, mencoba-coba, dan memanipulasi ide-ide atau material sebelum kreator memfokuskan pada usaha memecahkan problem yang khusus (Foshay, Mendelowits, Montgomery). Pada proses eksplorasi material-material seni, anak-anak menemukan beragam teknik dengan menggunakan alat-alat tertentu dan sering kali mereka mengembangkan keterampilan lainnya. Misalnya, ketika anak diberi bermacam-macam tipe kertas, anak-anak akan mencoba merobek, memotong, menggulung, melipat, menganyam, atau meremas. Melalui kegiatan tersebut, anak akan mengenali bahwa beberapa tipe kertas tertentu lebih mudah merespons untuk diremas dibanding tipe lainnya. (dalam Pekerti, 2014:10.18)
Tahap eksplorasi menurut Hurlock, bila anak-anak diberikan benda atau alat yang baru dikenalnya, pertama-tama mereka mencari tahu, mengamati, menyelidiki apa yang dapat dilakukan benda atau alat tersebut. Benda diraih mulailah tangannya membolak-balik, menekan-nekan bahkan dijatuhkan dan dipungut kembali diamati lagi, kemudian ditinggalkan dan anak berpindah mencoba benda atau alat yang lain. (dalam Montolalu, 2014:2.20)

G.    Pengertian Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Menurut Mills, penelitian tindakan didefinisikan sebagai “systematic inquiry” yang dilakukan oleh guru, kepala sekolah, atau konselor sekolah untuk mengumpulkan informasi tentang berbagai praktik yang dilakukannya. Penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang dilakukan oleh guru di dalam kelasnya sendiri melalui refleksi diri, dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru, sehingga hasil belajar siswa menjadi meningkat. (dalam Wardhani, 2014:1.4)






BAB III
RENCANA PERBAIKAN

A.    Subjek Penelitian
1.      Lokasi
Penelitian ini dilaksanakan di PAUD Tunas Kesuma kelompok A Desa Daya Kesuma Kecamatan Muara Sugihan.
Subjek penelitian adalah Anak PAUD Tunas Kesuma Desa Daya Kesuma Kecamatan Muara Sugihan Tahun Pelajaran 2016/2017, yang berjumlah 20 anak, terdiri dari 9 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Objek penelitiannya adalah menggambar dan mewarnai dengan metode pembinaan eksplorasi.
2.      Waktu
Adapaun jadwal/waktu penelitian adalah sebagai berikut :
Tanggal Pelaksanaan
Waktu
Kegiatan
04 Oktober 2016
07.30 – 09.30
Pra siklus
17-21 Oktober 2016
07.30 – 09.30
Siklus I
24-28 Oktober 2016
07.30 – 09.30
Siklus II
3.      Tema
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan tema “Tanaman”.
4.      Kelompok
Kelompok pada penelitian ini adalah kelompok A PAUD Tunas Kesuma Kecamatan Muara Sugihan.
5.      Karakteristik anak
Adapun karakteristik anak pada penelitian ini yaitu :
o   Ada sebagian anak bertanya setiap kegiatan menggambar dan mewarnai.
o   Sebagian anak sudah dapat menggambar  sesuai tema.

B.     Deskripsi Rencana Tiap Siklus
1)      Rencana Pelaksanaan
a.       Perencanaan
1.      Pra siklus
1)      Guru memilih tema tanaman dengan sub tema bunga melati
2)      Guru mengenal beberapa ciptaan Tuhan
3)      Guru mengenal tanaman dan konsep warna
4)      Anak dapat menggambar dan mewarnai
2.      Siklus I
1)      Mengenal beberapa ciptaan Tuhan
2)      Mengenal tanaman dan konsep warna
3)      Mampu menyebutkan bagian-bagian tanaman
4)      Menirukan gerakan tanaman ketika tertiup angin
5)      Mengenal cara merawat tanaman
6)      Mengenal bentuk tanaman
7)      Menggambar dan mewarnai
8)      Mengenal warna-warna
9)      Menggambar dan mewarnai
3.      Siklus II
1)      Mengenal bentuk-bentuk bunga
2)      Mampu merawat tanaman
3)      Mengenal perbandingan benda
4)      Mengenal kegunaan benda
5)      Memasangkan benda
6)      Menggambar sederhana
7)      Mampu mencampur warna
8)      Menggambar dan mewarnai

b.      Langkah-langkah Perbaikan
1.      Siklus I
o   Guru menciptakan kondosi yang menyenangkan
o   Memfokuskan anak pada pembelajaran
o   Guru menjelaskan dengan berulang-ulang
o   Mengajak anak untuk bermain sejenak
o   Guru menciptakan suasana yang menyenangkan
o   Mengajak anak untuk praktik langsung
o   Menggunakan media gambar
o   Memotivasi anak
o   Menggunakan media yang sesuai dengan pembelajaran
o   Menggunakan metode yang bervariasi
2.      Siklus II
o   Guru menciptakan kondosi yang menyenangkan
o   Memfokuskan anak pada pembelajaran
o   Guru menjelaskan dengan berulang-ulang
o   Mengajak anak untuk bermain sejenak
o   Guru menciptakan suasana yang menyenangkan
o   Mengajak anak untuk praktik langsung
o   Menggunakan media gambar
o   Memotivasi anak
o   Menggunakan media yang sesuai dengan pembelajaran
o   Menggunakan metode yang bervariasi
2)      Prosedur pelaksanaan PTK
Pelaksanaan penelitian perbaikan ini menggunakan prosedur Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas 4 langkah utama yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan evaluasi, dan refleksi. Keempat langkah tersebut dilakukan secara berulang (siklus). Adapun penelitian perbaikan pembelajaran ini dibagi menjadi 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II yang terlebih dahulu diawali dengan pembelajaran pra siklus. Penelitian perbaikan ini dibantu oleh beberapa pihak diantaranya supervisor 1, supervisor 2, dan penilai yang bertugas untuk membimbing peneliti dalam menyusun RKH, penilaian pembelajaran tersebut menggunakan APKG PKP1 dan APKG PKP2.

3)      Rencana pengamatan dan pengumpulan data
Selama perbaikan pembelajaran ini (siklus I dan siklus II) dilakukan kegiatan pengamatan (observasi) setelah dilakukan tahap perencanaan dan pelaksanaan perbaikan pembelajaran pada tiap siklus. Hal-hal yang diamati dalam proses perbaikan pembelajaran selanjutnya. Kegiatan pengamatan dibantu oleh supervisor 2 yang bertindak mengamati aktivitas guru dan siswa di kelas saat pelaksanaan perbaikan pembelajaran.
Selama proses pengamatan terhadap pelaksanaan perbaikan pembelajaran berlangsung pada masing-masing siklus dilakukan pengumpulan data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif  guna  melihat peningkatan kemampuan menggambar dan mewarnai siswa kelas A pada PAUD Tunas Kesuma Kecamatan Muara Sugihan melalui metode pembinaan eksplorasi dengan cara mengamati proses pembelajaran  dengan  di bantu  instrumen data berupa  lembar observasi. Baik lembar observasi guna mengamati  tindakan perbaikan  yang dilakukan oleh  guru  serta  diamati  oleh  pengamat  (supervisor  2) maupun lembar observasi guna  mengamati  proses pembelajaran  yang  di lakukan  oleh  siswa  serta  diamati  oleh  guru  sebagai  peneliti.
 Tahapan  selanjutnya  setelah  dilakukan  pengumpulan  data, baik  data  kualitatif  maupun  kuantitatif  akan dilakukan  proses  analisis  data  dengan  teknik  analisis  data  deskriptif  komparatif. Teknik  analisis data deskriptif  komparatif  ini  dilakukan  dengan  cara  menggambarkan  terlebih  dahulu  hasil  penelitian  perbaikan  yang  selanjutnya  hasil  penelitian  perbaikan  pembelajaran  pada  pelaksanaan  pra siklus, siklus I, dan siklus II akan dibandingkan  guna  melihat  peningkatan  pembelajaran menggambar dan mewarnai dari pra siklus, siklus I, dan siklus II.

4)      Rencana refleksi
Berdasarkan hasil observasi dan hasil belajar anak pada pra siklus, diteumakan sejimlah permasalahan anak, yaitu pada proses dan hasil belajar anak. Pada kegiatan pembelajaran, yaitu kegiatan menggambar dan mewarnai 10 anak dari 20 anak masih belum bisa mengambar dan mewarnai. Sedangkan hasil belajar anak menunjukkan persentase 50 %.
Pada observasi dan hasil belajar anak pada pra siklus  menunjukkan tidak tecapainya indikator pembelajaran, untuk memperbaiki penelitian kmaka peneliti akan merencanakan perbaikan pada siklus selanjutnya yaitu pada siklus I, peneliti akan menggunakan model pembelajaran yang lebih kondusif, dan lebih menarik.
Hasil observasi dan hasil belajar anak pada siklus I menunjukkan adanya perbaikan, baik hasil belajar maupun proses belajar, jika dibandingkan dengan kondisi sebelumnya pada siklus I, tetapi media yang digunakan kurang mendukung atau kurang sesuai dengan pembelajaran, maka perlu diadakannya perbaikan pada siklus selanjutnya yaitu siklus II, peneliti akan meggunakan media yang sesuai dengan kegiatan pembelajaran dan memotivasi anak untuk lebih bersemangat dalam belajar.
C.    Teknik Analisis Data
Data pokok pengumpulan data primer (data kuantitatif) dalam penelitian ini adalah nilai hasil evaluasi anak pra siklus, siklus I, dan siklus II, dengan menklasifikasi nilai dengan kriteria kurang, sedang, dan baik dalam rangka membantu kelancaran penelitian perbaikan pembelajaran peneliti meminta bantuan teman sejawat untuk melakukan pengamatan dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh peneliti guna memperoleh data kualitatif.
Hal yang menjadi fokus kegiatan pembelajaran baik berupa tanya jawab maupun praktik langsung menggambar dan mewarnai dalam aspek pengembangan motorik halus. Data kuantitatif dan data kualitatif tersebut selanjutnya dianalisis dengan membandingkan hasil pada setiap siklus.
Adapun yang menjadi fokus observasi meliputi :
o   Pengelolaan ruang dan fasilitas pembelajaran
o   Pengelolaan interaksi kelas
o   Memberi petunjuk dan penjelasan tentang isi pembelajaran
o   Memberi umpan balik terhadap ketertiban anak
o   Memotivasi dan memelihara ketertiban siswa
o   Memantapkan materi pembelajaran
o   Pelaksanaan kegiatan pembelajaran
o   Memulai pelajaran
o   Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan tujuan
o   Menggunakan alat bantu (media) yang sesuai
o   Melaksanakan pembelajaran dalam urutan yang logis
o   Mengelola waktu pembelajaran secara efisien
o   Bersikap terbuka dan luwes terhadap anak
o   Melaksanakan penilaian akhir pelajaran

BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN

A.    Hasil Perbaikan Tiap Siklus
1.      Pra Siklus
a.       Perbaikan Pra Siklus
Dilaksanakan tanggal 07 Oktober 2016, dengan tema “Tanaman” dan sub temannya adalah “bunga Melati”.
Adapun langkah-langkah yang telah dilaksanakan adalah :
1.      Kegiatan Pembukaan
o   Salam, doa, mengabsen
o   Menanyakan kabar pengalaman kemarin
o   Bernyanyi “Lihat Kebunku”
2.      Kegiatan Inti
o   Mengenal ciptaan Tuhan
o   Mengenal macam-macam bunga
o   Menggambar dan mewarnai gambar
3.      Istirahat
o   Cuci tangan, do’a, makan
o   Bermain diluar kelas
4.      Kegiatan Penutup
o   Bernyanyi “Lihat Kebunku”
o   Tanya jawab mengulas kembali kegiatan hari ini
o   Berdo’a, salam
b.      Refleksi Perbaikan
Hasil observasi dan hasil belajar anak pada pra siklus, ditemukan sejumlah permasalahan anak, yaitu pada proses dan hasil belajar anak. Pada proses kegiatan pembelajaran yaitu pada saat kegiatan menggambar dan mewarnai, ada 50% anak yang belum bisa menggambar dan mewarnai secara rapi. Hanya 10 anak yang dapat menggambar dan mewarnai dari 20 anak, untuk meningkatkan aspek yang masih kurang pada pra siklus, maka perlu adanya perbaikan untuk tindakan selanjutnya pada siklus I.
c.       Rekapitulasi Penilaian
Tabel 1 data hasil pembelajaran pra siklus anak pada kegiatan menggambar dan mewarnai PAUD Tunas Kesuma
No.
Aspek yang di nilai
Hasil Penilaian
1.
Mengenal ciptaan Tuhan
Baik
2.
Mengenal macam-macam bunga
Kurang
3.
Menggambar dan mewarnai gambar
Cukup
Hasil pembelajaran pada pra siklus sebagaimana tabel di atas menunjukkan bahwa hasil pembelajaran yang dilakukan guru kurang maksimal, sehingga harus ada perbaikan pada siklus I dan II.
2.       Siklus I
Siklus ke                 : I
Tanggal                   : 17-22 Oktober 2016
Hal yang diperbaiki/ditingkatkan :
A.     Pada kegiatan pengembangan (Pembukaan) selama siklus I
o   Salam, doa, mengabsen
o   Menanyakan kabar pengalaman kemarin
o   Bernyanyi bersama
B.     Kegiatan pengembangan (Inti) selama siklus I
o   Mengenal beberapa ciptaan Tuhan
o   Mengenal tanaman dan konsep warna
o   Mampu menyebutkan bagian-bagian tanaman
o   Menirukan gerakan tanaman ketika tertiup angin
o   Mengenal cara merawat tanaman
o   Mengenal warna-warna
o   Menggambar dan mewarnai
C.     Istirahat selama siklus I
o   Cuci tangan, do’a, makan
o   Bermain diluar kelas
D.     Kegiatan Penutup selama siklus I
o   Bernyanyi bersama
o   Mengulas kembali kegiatan hari ini
o   Berdo’a, salam
Langkah-langkah perbaikan pembelajaran :
o   Guru menciptakan kondosi yang menyenangkan
o   Memfokuskan anak pada pembelajaran
o   Guru menjelaskan dengan berulang-ulang
o   Mengajak anak untuk bermain sejenak
o   Guru menciptakan suasana yang menyenangkan
o   Menggunakan media yang sesuai dengan pembelajaran
o   Menggunakan metode yang bervariasi
Refleksi Perbaikan
Hasil observasi pada pembelajaran ini masih terdapat kekurangan, ada 16 anak/70% yang mengerti bagian-bagian bunga dari 20 siswa.
Rekapitulasi Penilaian
Tabel 2 data hasil pembelajaran siklus I hari ke 1 sampai ke 5.
No.
Aspek yang di nilai
Hasil Penilaian
1
2
3
4
5
6
7
o   Mengenal beberapa ciptaan Tuhan
o   Mengenal tanaman dan konsep warna
o   Mampu menyebutkan bagian-bagian tanaman
o   Menirukan gerakan tanaman ketika tertiup angin
o   Mengenal cara merawat tanaman
o   Mengenal warna-warna
o   Menggambar dan mewarnai
Baik
Cukup
Cukup
Cukup
Cukup
Baik
Cukup

3.      Siklus II
Siklus ke                 : II
Tanggal                   : 24-29 Oktober 2016
Hal yang diperbaiki/ditingkatkan :
A.     Kegiatan Pembukaan selama siklus I
o   Salam, doa, mengabsen
o   Menanyakan kabar pengalaman kemarin
o   Bernyanyi “hari mulai malam”
B.     Kegiatan Inti selama siklus I
o   Mengenal bentuk-bentuk bunga
o   Mampu merawat tanaman
o   Mengenal perbandingan benda
o   Mengenal kegunaan benda
o   Memasangkan benda
o   Menggambar sederhana
o   Mampu mencampur warna
o   Menggambar dan mewarnai
C.     Istirahat selama siklus I
o   Cuci tangan, do’a, makan
o   Bermain diluar kelas
D.     Kegiatan Penutup selama siklus II
o   Mengulas kembali kegiatan hari ini
o   Bernyanyi bersama
o   Berdo’a, salam
Langkah-langkah perbaikan pembelajaran :
o   Lebih memfokuskan anak pada pembelajaran
o   Mengajak anak untuk sering praktik langsung
o   Memotivasi anak
o   Menggunakan metode yang bervariasi dan menyenangkan
Refleksi Perbaikan
Hasil observasi pada perkembangan siklus I ada sebagian anak yang belum dapat mencapai indikator pembelajaran, dan akan diadakannya perbaikan pada siklus II.
Rekapitulasi Penilaian
Tabel 3 data hasil pembelajaran siklus II hari ke 1 sampai ke 5.
No.
Aspek yang di nilai
Hasil Penilaian
1
2
3
4
5
6
7
8
o   Mengenal bentuk-bentuk bunga
o   Mampu merawat tanaman
o   Mengenal perbandingan benda
o   Mengenal kegunaan benda
o   Memasangkan benda
o   Menggambar sederhana
o   Mampu mencampur warna
o   Menggambar dan mewarnai
Baik
Cukup
Baik
Cukup
Baik
Baik
Baik
Baik

B.     Pembahasan Tiap Siklus
a.       Pra Siklus
Dari hasil pembelajaan yang telah dilakukan pada pra siklus, menunjukkan kelemahan pada kegiatan mengambar dan mewarnai yang menggunakan metode pembinaan eksplorasi. Dari data yang terlihat bahwa jumlah anak yang dapat mencapai indikator/aspek pengembangan hanya 10 anak/50 % anak dari 20 anak.
Refleksi proses pembelajaran yang dilakukan oleh peneliti pada kegiatan pra siklus ini menunjukkan hasil yang kurang tercapai pada pembelajaran menggambar dan mewarnai, hal itu dapat dilihat pada hasil data kualitatif dan kuantitatif berikut :
Tabel 4 daftar nilai perkembangan menggambar dan mewarnai pada kegiatan pra siklus:
No.
Nama Anak
Nilai
No.
Nama Anak
Nilai
1.
Wahyu Nanda
C
11.
Maura Dwi I.
B
2.
Riyan Setiawan
B
12.
Nafis Kh.
C
3.
M. Fickri A.
B
13.
Nuha Putri
D
4.
M. Viddy Aldiano
C
14.
Maratussolihah                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                   
A
5.
Yulia Fitriani
C
15.
Tasya Naila
C
6.
Mustika Sekar A.
A
16.
Marfel Aditya
B
7.
A. Syarifudin
D
17.
Selvi Karunia
A
8.
A. Ali Husein
A
18.
Siti Soleha
C
9.
M. Brilian
B
19.
M. Khoirul Nizam
D
10.
Risma Putri M.
D
20.
Retno Kartika
C
Keterangan :
A : Lebih baik
B : Baik
C : Cukup
D : Kurang
Dilihat dari data di atas maka dapat di persentasekan nilai sebagai berikut :



Tabel 5 Nilai hasil persentase % latihan anak
No.
Skor (s)
Frekuensi (f)
%
S x F
1
A
4
20%
40
2
B
6
30%
48
3
C
7
35%
42
4
D
3
15%
12

Jumlah
20
100%
 142
 Keterangan :
A : 10, B : 8, C : 6, D : 4
S x F = skor x frekuensi
Skor rata-rata = 114 : 20 = 7,1

Berdasarkan data nilai dan persentasi latihan anak, maka dapat pula dilihat dengan daftar diagram berikut ini :
Diagram 1 : Daftar nilai pra siklus


   
  Jumlah
   Anak




Diagram di atas menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh anak perlu adanya perbaikan pembelajaran pada siklus I.

b.      Siklus I
Hasil pembelajaran pada pra siklus indikator yang dicapai belum mencapai target, pada siklus I ini peneliti mengadakan perbaikan pembelajaran dengan hasil 70 % tingkat pencapaian indokator.
Hal itu dapat dilihat pada hasil data kualitatif dan kuantitatif berikut :
Tabel 6 daftar nilai perkembangan menggambar dan mewarnai pada kegiatan siklus I :
No.
Nama Anak
Nilai
No.
Nama Anak
Nilai
1.
Wahyu Nanda
C
11.
Maura Dwi I.
A
2.
Riyan Setiawan
B
12.
Nafis Kh.
B
3.
M. Fickri A.
A
13.
Nuha Putri
C
4.
M. Viddy Aldiano
C
14.
Maratussolihah                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                   
A
5.
Yulia Fitriani
B
15.
Tasya Naila
B
6.
Mustika Sekar A.
A
16.
Marfel Aditya
B
7.
A. Syarifudin
D
17.
Selvi Karunia
A
8.
A. Ali Husein
A
18.
Siti Soleha
B
9.
M. Brilian
A
19.
M. Khoirul Nizam
C
10.
Risma Putri M.
D
20.
Retno Kartika
B
Keterangan :
A : Lebih baik
B : Baik
C : Cukup
D : Kurang
Dilihat dari data di atas maka dapat di persentasekan nilai sebagai berikut :
Tabel 7 Nilai hasil persentasi % latihan anak
No.
Skor (s)
Frekuensi (f)
%
S x F
1
A
7
35%
70
2
B
7
35%
56
3
C
4
20%
24
4
D
2
10%
8

Jumlah
20
100%
 158
 Keterangan :
A : 10, B : 8, C : 6, D : 4
S x F = skor x frekuensi
Skor rata-rata = 114 : 20 = 7,9

Berdasarkan data nilai dan persentase latihan anak, maka dapat pula dilihat dengan daftar diagram berikut ini :
Diagram 2 : Daftar nilai siklus I



   Jumlah
     Anak




Diagram di atas menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh anak sudah lebih baik dibandingkan pada kegiatan pra siklus, untuk mencapai target indikator maka perlu adanya perbaikan pada siklus II.

c.       Siklus II
Berdasarkan pelaksanaan kegiatan pembelajaran pada siklus I maka pada siklus II pelaksanaan pembelajaran sudah berjalan dengan baik, ini dapat dilihat pada data dari 20 anak hanya 2 anak yang belum mencapai indikator yang ditetapkan. Hal ini dapat dilihat dari persentase perbandingan antara pra siklus yaitu 50 %, siklus I 70 %, dan siklus II 90%.
Berikut ini adalah hasil data kualitatif dan kuantitatif pada pembelajaran siklus II :
Tabel 8 daftar nilai perkembangan menggambar dan mewarnai pada kegiatan siklus I :

No.
Nama Anak
Nilai
No.
Nama Anak
Nilai
1.
Wahyu Nanda
B
11.
Maura Dwi I.
A
2.
Riyan Setiawan
A
12.
Nafis Kh.
A
3.
M. Fickri A.
A
13.
Nuha Putri
B
4.
M. Viddy Aldiano
B
14.
Maratussolihah                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                   
A
5.
Yulia Fitriani
A
15.
Tasya Naila
A
6.
Mustika Sekar A.
A
16.
Marfel Aditya
B
7.
A. Syarifudin
C
17.
Selvi Karunia
A
8.
A. Ali Husein
A
18.
Siti Soleha
A
9.
M. Brilian
A
19.
M. Khoirul Nizam
B
10.
Risma Putri M.
D
20.
Retno Kartika
B
Keterangan :
A : Lebih baik
B : Baik
C : Cukup
D : Kurang
Dilihat dari data di atas maka dapat di persentasekan nilai sebagai berikut :
Tabel 9 Nilai hasil persentasi % latihan anak
No.
Skor (s)
Frekuensi (f)
%
S x F
1
A
12
60%
120
2
B
6
30%
48
3
C
1
5%
6
4
D
1
5%
4

Jumlah
20
100%
 178
 Keterangan :
A : 10, B : 8, C : 6, D : 4
S x F = skor x frekuensi
Skor rata-rata = 114 : 20 = 8,9
Berdasarkan data nilai dan persentase latihan anak, maka dapat pula dilihat dengan daftar diagram berikut ini :
Diagram 3 : Daftar siklus II



   Jumlah
     Anak



Diagram di atas menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh anak sudah lebih baik dan sudah mencapai target indikator pembelajaran.
Berdasarkan hasil analilis pada pra siklus permasalahan yang ditemukan adalah belum tercapainya perkembangan pembelajaran pada kegiatan menggambar dan mewarnai. Maka peneliti mengadakan perbaikan pada siklus I.
Pada siklus I diadakan perbaiakan dengan menggunakan metode pembinaan eksplorasi, pada hari akhir siklus I seluruh anak praktik langsung menggambar dan mewarnai dengan hasil 70%.
Setelah melakukan analisis data ada beberapa indikator yang belum tercapai pada siklus I, maka peneliti mengadakan perbaikan pada siklus II, setelah dilaksanakan perbaikan peneliti telah mencapai target pembelajaran melalui kegiatan mencoba/praktik langsung dengan metode pembinaan eksplorasi dengan hasil 90%.

BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN

A.    Kesimpulan
Berdasarkan hasil dari seluruh pelaksanaan perbaikan pembelajaran di kelas A PAUD Tunas Kesuma Kecamatan Muara Sugihan pada kegiatan menggambar dan mewarnai dengan metode pembinaan eksplorasi, dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut :
Pembelajaran dengan menggunakan metode pembinaan eksplorasi yang dilakukan dengan baik dapat meningkatkan kemampuan menggambar dan mewarnai anak kelompok A PAUD Tunas Kesuma secara kualitatif. Secara kuantitatif, berdasar dari grafik hasil pencapaian pada pra siklus yaitu 50%, hasil dari siklus I yaitu 70% dan akhir siklus II, telah terjadi peningkatan kemampuan menggambar dan mewarnai pada anak sebesar 90%. Hal ini menunjukkan bahwa minat belajar anak dalam pembelajaran mengalami peningkatan.

B.     Saran
Berdasarkan pembahasan pada hasil perbaikan maka diberikan saran sebagai berikut.
1.      Penggunaan metode pembinaan eksplorasi dalam pembelajaran perlu terus ditingkatkan mengingat cukup signifikan terhadap hasil belajar anak.
2.      Guru hendaknya menambah wawasan tentang stimulasi yang tepat dalam merangsang dan meningkatkan kemampuan menggambar dan mewarnai, dan seharusnya guru lebih kreatif dalam menciptakan beragam media dan kegiatan sesuai dengan situasi dan kebutuhan dalam kegiatan pembelajaran.
3.      Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan di PAUD Tunas Kesuma.



DAFTAR PUSTAKA

Aisyah, Siti, dkk. 2014. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia DIni. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka
Gunarti, Winda, dkk. 2015. Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka
Montolalu, B.E.F., dkk. 2014. Bermain dan Permainan Anak. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka
Pekerti, Widia, dkk. 2014. Metode Pengembangan Seni. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka
Poerwadarminta, W.J.S. 2011. Kamus Umum Baha Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Sujiono, Nurani, Yuliani, dkk. 2011. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka

Wardhani, Igak, dkk. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka

Komentar

Postingan populer dari blog ini

COTOH FLOWCHART SEDERHANA PENDAFTARAN MAHASISWA BARU

CONTOH FLOWCHART SEDERHANA NAMA : M LEO ADI SAPUTRA NPM    : 011180153 FLOWCHART PENDAFTARAN MAHASISWA BARU FLOWCHART BERANGKAT KE KAMPUS Flowchart memiliki simbol- simbol tersendiri dari setiap anotasi- anotasi geometri yang digunakan. Beberapa simbol flowchart sering digunakan dalam pembuatan sebuah sistem, sedangkan lainnya jarang digunakan, kecuali dalam pembuatan proses yang komplek dan rumit. Terminal Point Symbol / Simbol Titik Terminal menunjukkan permulaan (start) atau akhir (stop) dari suatu proses. Flow Direction Symbol / Simbol Arus  adalah simbol yang digunakan untuk menghubungkan antara simbol yang satu dengan simbol yang lain (connecting line). Simbol ini juga berfungsi untuk menunjukkan garis alir dari proses. Processing Symbol / Simbol Proses  digunakan untuk menunjukkan kegiatan yang dilakukan oleh komputer. Pada bidang industri (proses produksi barang), simbol ini menggambarkan kegiatan inspeksi atau yang biasa dikenal dengan simbol insp

Tutorial LTspice Kepepet tugas tapi Gokil

Foto Wedding kolase

M. Leo Adi saputra